PILIHAN BAHAN BAKAR FORKLIFT DAN PERTIMBANGAN PEMBELIAN

Pasar forklift bermesin bahan bakar (IC = Internal Combusion) masih menduduki posisi kuat di pasaran. Mereka menyumbang sekitar 40% dari pasar forklift dan merupakan solusi yang layak untuk aplikasi dalam dan luar ruangan. Forklift IC cenderung lebih populer untuk aplikasi luar ruangan berkapasitas tinggi dan untuk aplikasi khusus seperti penanganan gulungan kertas dan penanganan kontainer.
Keunggulan Forklift bermesin bahan bakar antara lain :
  • Aplikasi yang fleksibel: Forklift IC bagus di dalam dan di luar ruangan. Mereka beroperasi dengan baik dalam hujan dan cuaca buruk lainnya.
  • Penggunaan multi-shift: Penghematan bahan bakar yang terkait dengan forklift listrik sangat berkurang atau dihilangkan ketika beberapa baterai diperlukan untuk menjaga operasi tetap berjalan. Baterai ini juga mengambil ruang tambahan di fasilitas, mengurangi efisiensi dan meningkatkan biaya pengoperasian.
  • Biaya awal yang lebih rendah: Pada forklift bertenaga propana, hanya investasi tangki propana dan area penyimpanannya yang diperlukan untuk mengoperasikan forklift. Forklift bertenaga bensin, diesel, dan CNG biasanya dibeli jika stasiun pengisian ulang tersedia dengan mudah. Namun, infrastruktur untuk stasiun ini bisa sangat mahal jika belum ada di fasilitas Anda.
  • Mudah untuk mengisi bahan bakar: Forklift IC yang kehabisan bahan bakar tidak memerlukan periode pengisian yang lama. Operator dapat dengan mudah mengganti tangki propana dalam 5 menit dan kemudian melanjutkan produksi. Forklift bertenaga bensin, solar, dan CNG juga dapat diisi ulang dalam hitungan menit tergantung lokasinya. Ini sangat penting dengan operasi multi-shift.
Faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat membeli forklift IC termasuk menyediakan ventilasi di gudang karena emisi, kelelahan operator karena kebisingan dan getaran, dan persyaratan fisik untuk mengganti tangki propana. Terakhir, jika pengoperasian tidak memerlukan forklift IC, Anda harus mempertimbangkan biaya pemeliharaan, perbaikan, dan biaya bahan bakar seumur hidup jika dibandingkan dengan forklift listrik.
Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan forklift bertenaga mesin pembakaran internal untuk pengoperasian Anda, sekarang Anda perlu memutuskan jenis bahan bakar mana yang terbaik untuk Anda. Kiat-kiat berikut akan membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar.
Liquid Petroleum Gas (LPG) – LPG ideal untuk lokasi pelanggan yang tidak memiliki stasiun pengisian bensin, solar, atau CNG. Jika Anda membeli forklift untuk fasilitas baru, LPG memiliki biaya awal terendah karena yang Anda perlukan hanyalah tangki LPG dan tempat untuk menyimpannya. Tangki LPG juga dapat ditukar dalam hitungan menit, yang dapat mengurangi jumlah waktu henti Anda saat mengisi bahan bakar. Forklift LPG tersedia dengan bantalan dan ban pneumatik serta ideal untuk pengoperasian di dalam dan luar ruangan.
Diesel – Bahan bakar diesel sangat efisien dan dapat menghasilkan waktu pengoperasian yang lebih lama secara umum dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya. Salah satu produk sampingan dari proses pembakaran dengan solar adalah jelaga, yang dapat menumpuk di sistem pembuangan forklift dan perlu dibuang. Sebagian besar forklift Toyota dibuat dengan katalis oksidasi diesel sehingga perlahan-lahan terbakar seiring waktu, tetapi ada beberapa forklift yang menggunakan filter khusus diesel yang perlu melalui proses regen manual untuk membakar endapan ini. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak waktu henti karena forklift harus diparkir dan tidak digunakan untuk menyelesaikan proses regen manual. Secara umum, mesin diesel juga memiliki torsi yang lebih tinggi daripada LPG atau gas, yang dapat meningkatkan kemampuan menanjak dan akselerasi. Sementara harga bahan bakar dapat berubah, solar saat ini lebih mahal per galonnya daripada bensin, memberikan pengembalian investasi yang lebih baik selama bertahun-tahun penggunaan. Forklift diesel umumnya hanya tersedia dengan ban tipe pneumatik dan dirancang untuk penggunaan di luar ruangan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa mereka adalah mesin yang lebih keras dan menghasilkan lebih banyak emisi daripada LPG atau forklift bertenaga gas.
Bensin – Forklift yang hanya bertenaga bensin cukup langka dalam industri penanganan material karena popularitas forklift bahan bakar ganda dan kurangnya stasiun pengisian bahan bakar secara umum, tetapi mereka memiliki tujuan tertentu. Untuk pelanggan yang memiliki stasiun pengisian bahan bakar yang siap sedia, ditempatkan dengan nyaman, dan mampu mengakomodasi ukuran armadanya, ada sedikit alasan untuk menggunakan LPG atau konfigurasi bahan bakar ganda. Forklift bertenaga bensin juga tidak memiliki tangki LPG dan braket di bagian belakang forklift, yang dapat meningkatkan jarak pandang ke belakang. Mereka juga biasanya lebih bertenaga daripada alternatif diesel mereka dan dapat meningkatkan perjalanan dan kecepatan angkat / lebih rendah.
Gas Alam Terkompresi (CNG) – Forklift bertenaga Gas Alam Terkompresi (CNG) juga memerlukan peralatan pengisian ulang yang sesuai agar dapat beroperasi, tetapi jenis bahan bakar ini memberikan beberapa keuntungan yang berbeda. CNG lebih baik untuk lingkungan dan kualitas udara secara keseluruhan karena menghasilkan emisi yang lebih sedikit dan gas alam menghilang ke udara sebagai uap air dan karbon dioksida jika terjadi kebocoran. Tidak seperti forklift LPG, tangki CNG tidak pernah dilepas, tetapi sebenarnya diisi ulang yang dapat mengurangi waktu henti dan ketegangan operator. Infrastruktur untuk stasiun pengisian bahan bakar CNG, bagaimanapun, dapat menjadi mahal karena banyaknya lahan yang dibutuhkan dan biaya umum peralatan dan pemasangan. Hal ini, bersama dengan hambatan lain untuk masuk seperti mendapatkan izin yang tepat dan memiliki pasokan gas alam yang memadai membuat CNG menjadi pilihan yang tidak populer di pasar penanganan material saat ini.
Semoga dengan informasi tersebut dapat membantu anda untuk menentukan pilihan yang tepat dan terbaik untuk pembelian forklift anda. 
Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik untuk pilihan forklift anda
WhatsApp Silakan Chat Langsung dengan Kami Disini